Natural Climate Solution

Diskusi Alam

Webinar Natural Climate Solution

Kekuatan Mangrove untuk Pencapaian Target NDC Indonesia

Sesuai dengan tema peringatan Hari Bumi 2021 “Restore Our Earth”, saatnya bergerak cepat dan beraksi agar bumi segera pulih. Hasil kajian dari beberapa organisasi konservasi global pada tahun 2017 menyebutkan, lebih dari 1/3 target penurunan emisi global ini bisa dicapai dengan mengembangkan Solusi Iklim Alami atau Natural Climate Solutions (NCS).

Program NCS ini mencakup perlindungan hutan dan lahan basah, perbaikan pengelolaan hutan, dan restorasi ekosistem. Komitmen pemerintah dalam menekan emisi karbon dan mitigasi perubahan iklim perlu kita dukung, dengan memperkuat jalinan kemitraan multipihak baik di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten. Dari hasil peneltiian YKAN-P3SEKPI potensi penurunan emisi dari pencegahan deforestasi dan restorasi mangrove mencapai 32 MtonCO2/tahun. Mangrove memiliki kekuatan mitigasi perubahan iklim namun juga memiliki co benefits yang tak ternilai harganay, termasuk untuk adaptasi, dan keberlanjutan biodiversity dan pendukung ekonomi.

Quote

Climate change is no longer a distant threat. We are living with its impacts, right here and right now. Protect mangroves for our future.

Kekuatan Mangrove untuk Pencapaian Target NDC Hasil kajian dari beberapa organisasi konservasi global pada tahun 2017 menyebutkan, lebih dari 1/3 target penurunan emisi global ini bisa dicapai dengan mengembangkan Solusi Iklim Alami atau Natural Climate Solutions (NCS).