© Bridget Besaw

Pentingnya hutan alam bagi kehidupan manusia dan melestarikan alam mendorong YKAN mendorong penyelamatan hutan alam di Indonesia, termasuk yang berada di kawasan hutan produksi.

 

YKAN mendorong pengelolaan hutan produksi lestari (PHPL) dengan mendorong sertifikasi wajib PHPL melalui pendampingan teknis konsesi kehutanan. Bersama para pihak, YKAN juga mengembangkan peranti PHPL (PHPL Tools) yang terkait aspek produksi, sosial, dan lingkungan, termasuk untuk resolusi konflik.

 

 

Melalui kajian ilmiah, YKAN bersama komunitas ilmiah juga menemukan bahwa praktik pembalakan rendah dampak atau dikenal sebagai RIL (reduced impact logging) dapat membantu tujuan PHPL. Kajian terkini dan audit dari pihak ketiga juga menunjukkan bahwa praktik RIL dapat mengurangi emisi karbon dari kegiatan pembalakan.

 

Industri kehutanan di Indonesia juga perlu melakukan diversifikasi usaha selain kayu. YKAN mendorong model usaha kehutanan baru, antara lain melalui kajian kelayakan usaha pemanfaatan limbah kayu yang diikuti dengan pengembangan dan uji coba rencana usaha terkait.

 

Model pengelolaan konsesi baru juga sedang dikaji untuk mendorong manfaat yang optimal.