© Nick Hall

Program Teresterial YKAN menjalankan strategi kehutanan Indonesia dengan target pada 2024, yaitu 17 juta hektare hutan di Indonesia dikelola secara lestari, 2 juta hektare hutan terhindar dari deforestasi, dan berkontribusi menurunkan emisi gas rumah kaca hingga 26 ton karbon dioksida per tahun melalui sub-strategi:

 

Kerangka Mitigasi Perubahan Iklim Tingkat Nasional dan Subnasional

Di tingkat nasional kami mendukung pemerintah Indonesia menyiapkan kajian ilmiah untuk kebijakan terkait pengendalian perubahan iklim berbasis hutan dan lahan. Solusi iklim alami atau Natural Climate Solutions (NCS) yang dilakukan YKAN dan para mitra turut memperkaya dasar ilmiah bagi kebijakan-kebijakan pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

Pengelolaan Hutan Lestari

YKAN mendorong pengelolaan hutan produksi lestari (PHPL) dengan mendorong sertifikasi wajib PHPL melalui pendampingan teknis konsesi kehutanan. Bersama para pihak YKAN juga mengembangkan peranti PHPL (PHPL Tools) yang terkait aspek produksi, sosial, dan lingkungan, termasuk untuk resolusi konflik.

Perkebunan Sawit Berkelanjutan

YKAN mendukung perlindungan hutan alam dengan memberikan bantuan teknis kepada Pemerintah Kalimantan Timur. Bantuan teknis ini memungkinkan pemerintah membuat sistem pemberian izin perkebunan berbasis web berdasarkan kajian ilmiah dan mendorong proses-proses untuk membuat kesepatakan perlindungan areal bernilai konservasi tinggi.

  Konservasi Berbasis Masyarakat

YKAN mendorong pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan sumber daya alam (SDA) oleh masyarakat karena masyarakat berperan penting dalam pelestarian SDA dan pada saat yang sama menghadapi tantangan terkait pengelolaan sumber daya berbasis lahan.