Program Terestrial

Pengelolaan Hutan Lestari

Pemetaan Hutan
Areal HPH Tagged tree di areal HPH nomor empat di wilayah Kalimantan, di mana perusahaan penebangan telah diberikan izin untuk melanjutkan penebangan berdampak rendah (RIL). © Nick Hall
Pengukuran hasil tebang
Area Perencanaan
Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Kami mendukung pengelolaan hutan produksi lestari oleh konsesi kehutanan melalui penguatan aspek produksi seperti perencanaan kehutanan untuk penerapan pembalakan rendah dampak dan emisi karbon.

Kami mendukung pengelolaan hutan produksi lestari oleh konsesi kehutanan dan tata kelola kawasan hutan melalui pengembangan Peranti Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (PHPL Tools) yang meliputi aspek produksi, sosial, lingkungan, dan resolusi konflik.

Strategi ini juga mengembangkan inovasi untuk mengurangi emisi pada konsesi hutan alam produksi dengan metodologi pembalakan rendah dampak karbon (RIL-C) yang telah dikembangkan melalui rangkaian penelitian kehutanan jangka panjang.

Dalam menghadapi era baru kehutanan Indonesia yang tidak lagi bergantung pada hasil hutan kayu sebagai produk tunggal dari kawasan hutan, YKAN mendukung pengembangan multiusaha oleh konsesi hutan alam produksi, antara lain melalui pemanfaatan limbah kayu.