© Chris Djoka

Jakarta, CNN Indonesia -- 

Ingar bingar ucapan 'Selamat Hari Bumi' atau 'Happy Earth Day' membanjiri media sosial pada Kamis (22/4) kemarin. Masyarakat seolah kembali diingatkan bahwa Bumi butuh dijaga dan diperhatikan. Menjadi konsumen yang baik bisa jadi salah satu langkah sederhana menjaga Bumi.

 

 

Duta Yayasan Konservasi Alam Nusantara, Andini Effendi mengamati, isu lingkungan selalu menjadi sorotan dalam peringatan Hari Bumi. Padahal, Hari Bumi tak semata-mata bicara soal lingkungan. Justru, perilaku manusia-lah yang berpengaruh terhadap kerusakan Bumi. Misalnya saja kebiasaan-kebiasaan masyarakat sebagai konsumen, yang menurut Andini, perlu diperbaiki.

 

"Apa pun yang kita lakukan ada dampaknya ke Bumi. Ini isu livelihood, bukan cuma environmental," kata Andini dalam gelaran Modena for Earth, di Modena Experience Center Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/4).

Kemudian, apa gerakan perubahan yang bisa dilakukan untuk menjaga satu-satunya tempat tinggal manusia ini?

Menurut Andini, gerakan perubahan bisa dimulai dari menjadi konsumen bertanggung jawab. Cukup ambil bagian di lini-lini yang bisa Anda kontrol sendiri.

1. Mengurangi sampah

Aktivitas belanja secara tidak langsung memproduksi begitu banyak sampah. Anda bisa menjaga Bumi dengan mengurangi penggunaan sampah, khususnya plastik, saat berbelanja. Salah satunya Anda bisa menggunakan tas belanja saat pergi ke supermarket dan pasar.

2. Penggunaan listrik

Konsumsi listrik pun perlu jadi perhatian. Mulai saja dari listrik di lingkungan rumah yang bisa Anda kontrol sepenuhnya.

Mulai dengan mematikan lampu dan memanfaatkan cahaya alami di siang hari, penggunaan alat elektronik seperlunya, dan mematikan lampu ruangan yang tidak digunakan.

3. Bijak membeli baju

Siapa yang tak tergoda dengan diskon produk pakaian? Namun, Andini mengingatkan Anda untuk berpikir ulang sebelum membeli. Bedakan antara keinginan dan kebutuhan.

"Kembali ke kita aja, kita kontrol di bagian mana. Semua dari kita bisa kontribusi," pungkasnya.

(els/asr)

Diakses dari: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210423063641-284-633691/3-cara-jadi-konsumen-bijak-ikut-menjaga-bumi pada 27 April 2021