Kerangka Mitigasi Perubahan Iklim Tingkat Nasional dan Subnasional

© Ed Wray

YKAN mendorong terciptanya kebijakan menguji solusi, dan mendorong penerapan praktik berkelanjutan untuk mendukung mitigasi perubahan iklim dalam menyiapkan kebijakan terkait implementasi program penurunan emisi berbasis hutan dan lahan serta sistem pemantauan, pelaporan, dan verifikasinya. Di tingkat subnasional, dalam mendukung pembangunan hijau di provinsi Kalimantan Timur, kami mendorong penerapan dua strategi, yaitu mendukung terciptanya pemungkin pembangunan hijau yang dilakukan di kawasan bentang alam dan mendukung kesepakatan pembangunan hijau. 

Dukungan Penyiapan Kebijakan Perubahan Iklim Tingkat Nasional

Kami mendukung pemerintah Indonesia menyiapkan data dan kajian untuk kebijakan terkait pengendalian perubahan iklim berbasis hutan dan lahan. Kajian untuk melaksanakan solusi iklim alami atau Natural Climate Solutions (NCS) yang telah dilakukan YKAN dan para mitra memperkaya dasar ilmiah bagi kebijakan-kebijakan pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

Kesepakatan Pembangunan Hijau

YKAN mendukung Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dalam merancang dan melaksanakan inisiatif Kesepakatan Pembangunan Hijau. Inisiatif ini memperluas dan meningkatkan kerja sama para pihak dalam mendukung Pemerintah Kalimantan Timur dalam mewujudkan visi pembangunan hijaunya. Inisiatif ini mengajak para pihak menandatangani kesepakatan dan/atau terlibat dalam melaksanakan 11 inisiatif model yang mengujicobakan solusi untuk mengatasi tantangan kompleks di tingkat bentang alam.

11 Inisiatif Kesepakatan Pembangunan Hijau adalah:

  1. Pelaksanaan program penurunan emisi karbon di Kalimantan Timur dalam rangka pelaksanaan skema Forest Carbon Partnership Facility.
  2. Penguatan percepatan pelaksanaan dan pencapaian target Perhutanan Sosial di Kalimantan Timur.
  3. Penguatan kelembagaan Kesatuan Pengelolaan Hutan di Provinsi Kalimantan Timur.
  4. Pengelolaan Kawasan Ekosistem Esensial untuk koridor orang utan di Bentang Alam Wehea-Kelay.
  5. Pengembangan Kemitraan di Kawasan Delta Mahakam.
  6. Peningkatan perencanaan, pembangunan, perbaikan tata kelola lingkungan dan penurunan emisi, serta kesejahteraan masyarakat, dalam rangka mendukung pencapaian visi pembangunan Kabupaten Berau (Program Karbon Hutan Biru).
  7. Pengembangan perkebunan berkelanjutan di masing-masing kabupaten di Kalimantan Timur.
  8. Pengendalian Kebakaran Lahan dan kebun berbasis Masyarakat di Kalimantan Timur.
  9. Pembangunan 200 Kampung Iklim Dalam Rangka Pencegahan Penurunan Emisi dari Deforestasi & Degradasi Hutan di Kalimantan Timur.
  10. Pengembangan SIGAP SEJAHTERA di Kabupaten Berau.
  11. Kemitraan dalam Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim di Balikpapan.

YKAN terlibat aktif dalam salah satu inisiatif Kesempatan Pembangunan Hijau yang melakukan konservasi habitat spesies penting di bentang alam Wehea-Kelay seluas 532 ribu hektare. Para pihak yang terlibat dalam inisiatif ini bergabung dalam Forum Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Wehae-Kelay. Forum ini dipimpin oleh DInas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur. Diharapkan kemitraan antara pemerintah, pihak swasta, dan masyarakat akan berkembang di kemudian hari dan menyatukan seluruh pengelola dan pelaku usaha dalam KEE Wehea-Kelay.

YKAN juga mendukung pengelolaan kawasan lindung dengan melakukan peningkatan kapasitas kepada para pihak untuk terlibat aktif dalam penyusunan rencana strategis pengelolaan, pelaksanaan kegatan, dan pengembangan jejaring. Kami bekerja di dua lokasi, yakni Hutan Lindung Wehea dan di ekosistem karst Sangkulirang Mangkalihat, Kalimantan Timur. Melalui strategi ini kami mendorong masyarakat setempat memiliki hak mengelola wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan melalui praktik pengelolaan hutan secara berkelanjutan.