Siaran Pers

Pendamping SIGAP Hadir di 10 Desa di Kutai Timur

SIGAP Kutai
Keterangan Foto Dari ki-ka : Spesialis Pengembangan Kapasitas Perdesaan YKAN Christianus Djoka, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kutai Timur Yudieth, Direktur Yayasan Nastari Wahono, dan Perwakilan Yayasan Bikal Salim Sirahmad. © YKAN

Kontak Media

Pendekatan Aksi Inspiratif Warga untuk Perubahan (SIGAP) yang diinisiasi Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) menambah desa dampingan di wilayah Kabupaten Kutai Timur, dari lima desa menjadi 10 desa. Hal ini dikukuhkan melalui program pelatihan fasilitator SIGAP di Desa Karangan Dalam, Kutai Timur yang dimulai pada Rabu, 8 November 2023.

Pelatihan fasilitator SIGAP ini berlangsung selama empat hari (8-11 November 2023) dan diikuti 29 peserta. Mereka mewakili fasilitator SIGAP, staf pemerintah desa-desa sasaran, penggerak swadaya masyarakat, penyuluh kehutanan, pendamping lokal desa,  dan Yayasan Bikal yang menjadi mitra lokal YKAN di Desa Karangan. Para peserta mendapatkan pelajaran tentang SIGAP, mengenal potensi desa, hingga penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa.

Dari ki-ka : Spesialis Pengembangan Kapasitas Perdesaan YKAN Christianus Djoka, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kutai Timur Yudieth, Direktur Yayasan Nastari Wahono, dan Perwakilan Yayasan Bikal Salim Sirahmad.
Keterangan Foto Dari ki-ka : Spesialis Pengembangan Kapasitas Perdesaan YKAN Christianus Djoka, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kutai Timur Yudieth, Direktur Yayasan Nastari Wahono, dan Perwakilan Yayasan Bikal Salim Sirahmad. © YKAN

YKAN mengembangkan pendekatan sosial SIGAP yang bertumpu pada aksi kolektif warga untuk menemukan kekuatan, impian, serta solusi kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan, sekaligus menguatkan eksistensi mereka sebagai warga desa. Pendekatan SIGAP sudah diterapkan pada 99 Kampung di Kabupaten Berau sejak 2018. Sejak 2022, replikasi SIGAP dilaksanakan pada  lima desa di Kabupaten Kutai Timur. Kini jangkauannya meluas menjadi 10 desa yang berada di Kecamatan Karangan dan Kecamatan Kaubun.

Dalam upaya perluasan lokasi tersebut, YKAN menggandeng Yayasan Nastari untuk meningkatkan kapasitas fasilitator, aparat dan pemangku kepentingan terkait. Diharapkan dari pelatihan ini, peserta mampu mendukung pembangunan desanya melalui tiga pilar utama SIGAP. Ketiga pilar SIGAP ini adalah tata kelola pemerintahan desa; pemanfaatan sumber daya alam melalui pengembangan Perhutanan Sosial dan Pengembangan Kelembagaan Ekonomi melalui Badan Usaha milik Desa (BUMDES); serta mendorong proses dan inovasi yang diperlukan dalam rangka percepatan pencapaian pembangunan dan kemajuan desa.

Pemilihan lokus desa yang didampingi, menurut Christianus Djoka, Spesialis Pengembangan Kapasitas Perdesaan YKAN, adalah dengan mempertimbangkan kondisi geografis. Kecamatan Karangan dan Kecamatan Kaubun adalah lokasi yang berada dalam gugusan karst Sangkulirang-Mangkalihat. Kawasan karst ini sangat penting untuk dijaga sebagai tangkapan penampung air, habitat satwa unik, dan penyerap karbon.

Sebanyak 29 peserta sedang mengikuti pelatihan yang dipimpin oleh Instruktur dari  Yayasan Nastari, Wahono, selama 4 hari (8-11 November 2023).
Keterangan Foto Sebanyak 29 peserta sedang mengikuti pelatihan yang dipimpin oleh Instruktur dari Yayasan Nastari, Wahono, selama 4 hari (8-11 November 2023). © YKAN

“Kami ingin mendorong warga desa menyadari potensi dan aset yang mereka miliki, tanpa harus mengekstraksi sumber daya alam secara masif,” ujar Christianus. Sejumlah desa yang ikut pelatihan sudah memanfaatkan karst sebagai tujuan wisata. Contohnya, Gua Karst Ampanas di Desa Pengadan, Gua Lorong Air di Karangan, hingga Karst Mengkuris di Batu Lepoq. Christianus menambahkan bahwa tata kelola pemerintahan yang menjadi pilar SIGAP akan membantu penyusunan perencanaan pembangunan desa yang partisipatif. “Diharapkan warga desa akan semakin sadar akan potensinya, terlibat aktif dalam pembangunan, sehingga tercapai desa mandiri,” ujarnya.

Direktur Yayasan Nastari Wahono dalam kesempatan yang sama mengatakan fasilitator SIGAP adalah garda terdepan di lapangan. Yayasan Nastari adalah mitra pelatihan Pejuang SIGAP Sejahtera di Kabupaten Berau. Selama lima tahun terakhir, sebanyak 120-an anak muda terjun mendampingi kampung-kampung di Berau dalam implementasi SIGAP sebagai Pejuang SIGAP Sejahtera. Kontribusi mereka turut mendukung capaian Indeks Desa Membangun pada 2022 di Berau yang kini hanya menyisakan satu desa tertinggal dari total 99 Kampung. Adapun di Kutai Timur, masih menyisakan dua desa tertinggal dari total 139 desa. “Antusiasme fasilitator SIGAP di Kutai Timur ini semakin mengukuhkan bahwa anak muda yang diberi kesempatan bisa membangun daerah asal mereka,” kata Wahono.

Foto bersama para peserta dan narasumber pelatihan “Peningkatan Kapasitas Fasilitator SIGAP Kutai Timur”.
Keterangan Foto Foto bersama para peserta dan narasumber pelatihan “Peningkatan Kapasitas Fasilitator SIGAP Kutai Timur”. © YKAN

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kutai Timur Yudieth berharap pelatihan kali ini akan terus berlanjut ke desa-desa yang lain. “Kami harap bisa berkolaborasi, terutama dalam proses penguatan kapasitas bagi kawan-kawan fasilitator maupun pemerintah desa  di Kutai Timur,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Tentang YKAN

Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) adalah organisasi nirlaba berbasis ilmiah yang hadir di Indonesia sejak 2014. Memiliki misi melindungi wilayah daratan dan perairan sebagai sistem penyangga kehidupan, kami memberikan solusi inovatif demi mewujudkan keselarasan alam dan manusia melalui tata kelola sumber daya alam yang efektif, mengedepankan pendekatan nonkonfrontatif, serta membangun jaringan kemitraan dengan seluruh pihak kepentingan untuk Indonesia yang lestari. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi ykan.or.id.